Kamis, 09 April 2020

Matriks Penjumlahan

Matriks penjumlahan

Pengertian Matriks
Matriks adalah kumpulan bilangan secara baris atau kolom atau kedua-duanya dalam suatu tanda kurung. Bilangan-bilangan yang membentuk suatu matriks disebut sebagai elemen-elem matriks. Matriks digunakan untuk menyederhanakan penyampaian data, sehingga mudah di olah.
sebagai contoh:
Diketahui jumlah penjualan jenis mobil A,B, dan C, dengan harga jual masing-masing 146, 275, dan 528 ( dalam juta) pada kota-kota P,Q,R adalah:


data penjualan mobil tersebut dapat dibuat dalam bentuk matriks sebagai berikut:


 
Penjumlahan dan pengurangan matriks  
 dua matriks atau lebih, dapat dijumlahkan hanya jika memiliki ordo yang sama. penjumlahan dilakukan dengan menjumlahkan elemen-elemen yang berposisi sama. contoh:



Sama halnya dengan penjumlahan, pengurangan dapat dilakukan jika hanya dua matriks atau lebih, memiliki ordo yang sama. Penggunaan dilakukan terhadap elemen-elemen yang berposisi sama.
contoh:


Perkalian Matriks
       Matriks dapat dikalikan dengan sebuah bilangan bulat atau dengan matriks yang lain. Kedua perkalian tersebut memiliki syarat-syarat masing-masing.

Perkalian Matriks dengan Bilngan Bulat
       Suatu matriks dapat dikalikan dengan bilangan bulat, maka hasil perkalian tersebut berupa matriks dengan elemen-elemen matriks tersebut. jika matriks A, dikalikan dengan bilangan r, maka r,A=(r,ajj).
contoh:

       Perkalian dua matriks dengan bilangan bulat di kombinasikan dengan penjumlahan atau pengurangan matriks dapat dilakukan pada matriks dengan ordo sama.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar